Jumat, 14 Juni 2019

Pahami Perbedaan DBD dan Tipes Agar Kamu Tidak Salah

Kamu mungkin pernah bingung bagaimana membedakan antara demam berdarah dengue (biasa disingkat DBD) dan tipes. Keduanya memang memiliki gejala yang mirip, jadi tak heran bla banyak yang bingung membedakannya. Agar tak salah, yuk kenali beberapa perbedaan DBD dan tipes berikut!

Perbedaan DBD dan Tipes
Perbedaan DBD dan Tipes
Perbedaan Penyebab
DBD dan tipes merupakan penyakit yang dikenal umum oleh masyarakat dunia. Walau gejalanya ada yang sama, penyakit ini tidak berhubungan sama sekali.
DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Manusia bisa terinfeksi virus ini karena dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.
Lain halnya dengan tipes. Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Manusia bisa tertular penyakit tipes dari konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi oleh bakteri tersebut.
Perbedaan Gejala DBD & Tipes
Penderita DBD dan tipes sama-sama mengalami gejala demam dan bercak merah. Walau begitu, terdapat perbedaan di gejala-gejala tersebut. Berikut penjelasannya:
1.    Gejala Demam
Demam pada penderita DBD biasanya muncul secara tiba-tiba dan langsung dengan suhu yang tinggi. Suhu tubuh pada penderita DBD bisa mencapai 40 derajat Celcius.
Lain halnya dengan penderita tipes, demam yang mereka alami terjadi secara perlahan. Suhu badan penderitanya naik secara berkala setiap harinya.
Penderita DBD pada umumnya mulai menunjukkan indikasi demam dari empat hingga enam hari setelah paparan virus terjadi. Sedangkan gejala demam tipes mulai terasa pada satu hingga tiga minggu sejak infeksi bakteri.
2.    Bercak Merah
Pada penderita DBD, akan muncul bercak-bercak berwarna merah. Bercak ini merata di seluruh tubuh dan akan muncul dua hingga lima hari setelah demam terjadi. Sementara pada penderita tipes, bercak kemerahan umumnya hanya muncul pada area perut dan dada.
3.    Gejala Lainnya
Terdapat gejala lain yang hanya ditemukan di penderita DBD. Mulai dari nnyeri sendi dan otot yang parah, nyeri di belakang mata, hingga mudah memar pada kulit. Penderita DBD juga bisa mengalami perdarahan ringan di hidung dan gusi.
Sedangkan penderita tipes memiliki kondisi yang jarang ditemui dialami oleh penderita DBD. Gejala tersebut berupa gangguan pencernaan, seperti mengalami diare atau konstipasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar