Jumat, 14 Juni 2019

Sudahkah Kamu Kenal dengan Gejala Liver Berikut?

Pernahkah kamu mendengar istilah sakit liver? Penyakit ini mungkin lebih sering kamu dengar dengan sebutan sakit kuning. Sakit liver tergolong berbahaya, sehingga penting untuk mengenal gejala liver agar bisa lebih berhati-hati.

Gejala Liver
Gejala Liver
Istilah sakit liver ataupun sakit kuning sebenarnya merujuk pada hepatitis. Penyakit ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus yang terdiri atas lima macam, yakni virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Pada kasus-kasus lain, gejala liver juga bisa akibat dari penyakit autoimun, konsumsi alkohol, dan zat beracun.

Semua virus hepatitis di atas dapat memicu terjadinya gejala liver akut. Sedangkan gejala liver kronis hanya dapat disebabkan oleh virus B dan C.

Perbedaan gejala liver akut dan kronis terletak pada deteksi gejalanya. Indikasi dari liver akut biasanya jelas dan gampang dikenali.

Segera ke Dokter Jika Muncul Tanda-tanda Berikut

Gejala liver kronis yang merupakan akibat dari infeksi virus B dan C biasanya tidak memberikan tanda awal sampai terjadi kerusakan yang memengaruhi fungsi hati. Tanda awal pada gejala liver kronis juga tidak khas. Kelelahan yang berlangsung lama dan menganggu aktivitas Anda menjadi sedikit dari tanda awal pada gejala liver kronis.

Selain itu, orang yang terinfeksi gejala liver kronis akan menunjukkan tanda-tanda seperti adanya rasa nyeri pada perut bagian atas, sering mual, muncul rasa pegal-pegal serta menurunnya nafsu makan.

Sedangkan gejala liver akut bisa berlangsung dengan cepat dengan tanda-tanda sebagai berikut:
·         Sakit perut
·         Air seni yang berwarna gelap keruh
·         Kotoran yang berwarna pucat
·         Kulit dan mata berwarna kuning
·         Gejala mirip dengan flu
·         Kelelahan
·         Kehilangan selera makan
Penurunan berat badan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar