Senin, 22 Juli 2019

5 Mitos dan Fakta Penyebab Kanker Otak, Kamu Wajib Tahu

Segala jenis kanker terdengar sebagai penyakit yang menyeramkan, tidak terkecuali kanker otak. Anggapan ini diperkuat dengan fakta bahwa penyebab kanker otak biasanya tidak diketahui secara pasti.

Kanker Otak
Kanker Otak
Hal ini tidak jarang memunculkan banyak spekulasi mengenai penyebab kanker otak itu sendiri.

Berikut rangkuman mengenai mitos dan fakta penyebab kanker otak secara medis.

1. Merokok bisa menyebabkan kanker otak? FAKTA!
Ya, merokok bukan hanya meningkatkan risiko kamu terkena kanker paru-paru dan kelainan fungsi jantung, melainkan juga kanker otak. Semakin lama kamu merokok, semakin tinggi risiko kamu terkena kanker otak ini.

2. Anak muda tidak mungkin terkena kanker otak? MITOS!
Orang yang sudah berusia lanjut (lansia) memang lebih berisiko terkena kanker otak, tapi tidak menutup kemungkinan orang berusia produktif juga terserang penyakit ganas ini. Salah satu contoh konkretnya adalah publik figur Agung Hercules yang terkena tumor otak jenis glioblastoma di usianya yang baru menginjak 42 tahun.

3. Risiko Kanker otak bisa diturunkan kepada anak? FAKTA!
Seperti halnya diabetes, anak yang memiliki orangtua pernah terserang kanker otak lebih rentan menderita penyakit yang sama di kemudian hari sebesar 5-10%. Selain itu, terdapat beberapa sindrom genetik yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker otak, seperti neurofibromatosis I dan II, sindrom Li-Fraumeni, sindrom von Hippel Lindau, dan lain-lain.

4. Melakukan CT Scan dapat meningkatkan risiko kanker otak? FAKTA!
Pada dasarnya, paparan radiasi yang mengarah ke kepala, termasuk tindakan CT Scan, X-ray, dan terapi radiasi lainnya meningkatkan risiko kamu terkena kanker. Radiasi kadang kala membuat susunan DNA di tubuh manusia berubah sehingga mengaktifkan sel-sel kanker di dalam tubuh.
Hanya saja, tindakan ini juga memberi banyak manfaat, salah satunya untuk mengetahui kondisi kesehatan di dalam tubuh kita. Oleh karenanya, tidak sedikit orang yang tidak ragu menjalani CT Scan atau pemeriksaan citra yang sejenis.

5. Radiasi ponsel juga mengakibatkan kanker otak? MITOS!
Belakangan, berkembang opini bahwa radiasi telepon seluler (ponsel) bisa menyebabkan kanker otak. Apalagi, International Agency for Research on Cancer (IARC) memasukkan ponsel sebagai salah satu penyebab kanker otak.

Faktanya, hingga kini belum ada penelitian yang bisa membuktikan hubungan radiasi ponsel dengan kanker otak. Dengan kata lain, klaim bahwa ponsel dapat menyebabkan kanker otak masih diragukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar