Senin, 08 Juli 2019

Jangan Sembarangan Minum Ponstan, Ini Efek Sampingnya

Hampir setiap orang yang pernah merasakan sakit gigi juga pernah meminum Ponstan. Padahal, tahukah kamu jika obat ini juga bisa menyembuhkan sakit kepala, nyeri otot, nyeri setelah operasi, dan nyeri yang disebabkan oleh trauma?

Ponstan
Ponstan
Ya, Ponstan merupakan jenis obat asam mefenamat yang pada dasarnya berfungsi sebagai obat antiradang (meredakan bengkak dan nyeri). Obat ini berbentuk tablet salut selaput yang di Indonesia beredar dengan merk dagang Pfizer.

Meski termasuk obat yang mudah ditemui secara bebas di apotek maupun toko obat, Ponstan sebetulnya merupakan obat yang seharusnya hanya boleh dikonsumsi dengan resep dokter lho. Pasalnya, obat ini memiliki efek samping berupa mual, diare, dan muntah.
Dalam kasus yang serius, Ponstan bahkan bisa menyebabkan pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Selain itu, obat ini bisa membuat munculnya lepuh pada mata, mulut, dan area genital, serta membuat Anda muntah darah atau disertai partikel gelap seperti bubuk kopi.

Jika menemukan gejala ini setelah kamu minum Ponstan, langsung periksakan diri ke dokter ya.

Apa yang harus diperhatikan saat minum Ponstan

Tidak perlu ‘parno’ alias paranoid begitu mengetahui efek samping Ponstan di atas ya. Kejadian itu cukup langka kok. Lagipula, kamu bisa terhindar dari komplikasi itu dengan catatan:
-          
Selalu mengikuti anjuran dokter atau membaca petunjuk pada kemasan Ponstan sebelum mengonsumsi obat.
-          Meminum Ponstan bersama makanan.
-          Tidak minum alkohol dan merokok saat menggunakan Ponstan.

Kamu sebaiknya tidak meminum obat ini tanpa resep jika kamu tengah hamil. Pasalnya, kandungan di dalam Ponstan dapat terserap oleh janin dan mengakibatkan komplikasi kehamilan.

Konsultasikan terlebih dahulu penggunaan Ponstan ini jika kamu memiliki masalah medis, seperti hipertensi, gagal jantung kongestif dan edema, serta radang usus. Sebaliknya, jangan mengonsumsi obat ini jika memiliki kondisi medis, seperti gagal ginjal atau hati, bronkospasme, dan peradangan kronis pada saluran cerna bagian atas atau bawah.
Jangan juga mengonsumsi Ponstan bersamaan dengan obat lainnya karena berpotensi mengakibatkan perdarahan saluran cerna.
Lalu, adakah cara yang lebih aman untuk menyembuhkan sakit gigi selain minum Ponstan? Ya, periksakan sakit gigi kamu ke dokter gigi dong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar