Kamis, 22 November 2018

Pemerintah Anggarkan Rp 215 Triliun untuk Gaji Aparatur Sipil

Gaji Aparatur Sipil tahun depan mungkin akan terus meningkat jika dilihat dari postur anggaran yang diterapkan di APBN 2019. Faktanya pemerintah akan menggelontorkan Rp 215 triliun dari APBN 2019 untuk kebutuhan gaji ASN, termasuk di dalamnya NS, TNI, dan Polri. Anggaran tersebut mencakup gaji dan tunjangan dengan perhitungan gaji pokok naik sebesar 5%, gaji ke-13, serta THR.

Gaji Aparatur Sipil
Gaji Aparatur Sipil
Secara rinci, anggaran tersebut terdiri dari gaji dan tunjangan ASN sebesar Rp 98 triliun dan gaji pensiunan Rp 117 triliun. Anggaran tersebut sekitar 8,7% dari total belanja negara dalam APBN 2019 yang sebesar Rp 2.461,1 triliun.

Akankah ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara di tahun depan? Tentunya jika pemakaiannya lebih ke konsumsi rumah tangga, maka dampaknya akan signifikan. Namun yang perlu kita semua garis bawahi adalah anggaran ini seharusnya bisa lebih membebani keuangan negara bila pemasukan dari pendapatan negara tidak diimbangi. Ada hal positif dan negatif yang bisa kita cerna dari diberlakukannya anggaran ini, namun sejauh ini semuanya positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar