Kamis, 20 Desember 2018

Pelarangan Plastik Akan Bermanfaat Untuk Lingkungan

Pelarangan Plastik masih menjadi perdebatan karena banyaknya ketidaksamaan penerapan peraturan di berbagai daerah. Hal ini membuat YLKI meminta peraturan yang sama diselenggarakan di semua wilayah tanpa terkecuali. Plastik memang amsih menjadi momok yang sangat mengganggu lingkungan, penggunaan plastik yang berlebihan dapat merusak lingkungan karena sifat dari plastik yang sangat sukar terurai oleh tanah. Sehingga untuk membersihkannya membutuhkan effort yang lebih besar ketimbang bahan lainnya.

Pelarangan Plastik
Pelarangan Plastik
YLKI menilai kebijakan tentang kantong plastik berbayar bisa menjadi salah satu pembelajaran yang tepat kepada masyarakat. Survei YLKI 2016 tentang penggunaan kantong plastik berbayar kepada 25 pelaku usaha retail juga menyebutkan ada penurunan konsumsi selama periode tersebut akibat prograam kantong plastik berbayar. Karenanya, dia juga meminta pemerintah daerah melakukan pendataan kantong plastik per rumah tangga sebelum menetapkan kebijakan yang tepat.

Akankah pemerintah merespon tanggapan dari YLKI ini? Seharusnya ini bisa menjadi pertimbangan baru karena bagaimanapun plastik lebih banyak memberikan dampak negatif ketimbang positifnya. Dalam beberapa hal pemakaian plastik juga perlu diminimalisir agar tak menambah tumpukan sampah yang saat ini didominasi oleh bahan plastik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar