Sabtu, 12 Januari 2019

Uang Beredar dalam Setahun Terakhir

Pertumbuhan Uang Beredar selama 2018 berjalan lambat, hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam hal, salah satunya adalah kegiatan ekonomi yang tak tumbuh mengesankan. Kecenderungan masyarakat menyimpan uangnya dan sejumlah kehati-hatian yang dirasakan pada tahun 2018 kemarin. Bagaimana cara pemerintah untuk memperbaiki ini di 2019?

Uang Beredar
Uang Beredar
BI juga menyebutkan, pertumbuhan M2 pada bulan lalu terpengaruh penurunan aktiva luar negeri bersih dan perlambatan pertumbuhan aktiva dalam negeri bersih. Aktiva luar negeri bersih tercatat minus 2,4% (yoy), lebih dalam daripada kontraksi Oktober -0,7% (yoy). Aktiva dalam negeri bersih tumbuh 10% (yoy) sedangkan bulan sebelumnya 10,4% (yoy).

Perlambatan pertumbuhan aktiva dalam negeri bersih berasal dari penurunan tagihan bersih kepada pemerintah pusat. Pada Oktober 2018, tagihan ini minus 3,3% (yoy) lantas sebulan kemudian menjadi -3,5% (yoy) . Selain itu, penyaluran kredit perbankan juga tumbuh melambat menjadi 11,9% (yoy) pada bulan lalu dari 13,1% (yoy) pada Oktober.

Selama 2018 ada banyak prestasi yang berhasil ditorehkan, namun ada juga pekerjaan rumah yang menanti untuk 2019 ini. Indonesia memang seharusnya dapat melakukan sesuatu yang lebih baik dari tahun ke tahun. Dan ini saatnya untuk menjadi yang paling baik di 2019 ini. Ada begitu besar harapan yang bisa kita impikan di tahun 2019 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar