Kamis, 18 Oktober 2018

Data Panjang Jalan Indonesia

Fakta menarik dari Panjang Jalan Indonesia yakni sekitar 35 persen dari total panjang jalan terdapat di wilayah Sumatera. Pulau yang membentang dari Aceh ke Lampung ini memiliki panjang jalan yang mencapai 523.974 km atau hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan panjang jalan di pulau Jawa. Ini tidak mengukur panjang jalan tol tentunya karena beberapa wilayah di Indonesia belum menikmati layanan jalan bebas hambatan ini.

Panjang Jalan Indonesia
Panajang Jalan Indonesia

Menurut data BPS, Pulau Jawa berada di urutan kedua dengan panjang 118.217 km atau 22,56% total panjang jalan di tanah air. Pulau Jawa dan Sumatera merupakan pulau dengan jumlah pemukim yang banyak. Khususnya di Pulau Sumatera. Terlepas dari topografi jalan di Pulau Sumatera yang tidak selalu semulus Pulau Jawa, infrastruktur jalan yang tersedia masih dapat mengakomodasi keterhubungan antardaerah.

Indonesia memiliki banyak pulau dan aneka jalan yang memiliki ciri khasnya sendiri. Namun bagaimanapun Indonesia tetap sebuah negara kesatuan yang unik dengan beragam budaya dan infrastruktur yang membentang. Jika jalan merupakan sarana untuk membuat negara ini makin maju, maka alangkah baiknya pemerintah perlu memperbaiki apa yang kurang di negara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar