Jumat, 02 November 2018

Ekspor Kayu Manis Jadi Andalan

Ekspor Kayu Manis adalah salah satu jenis komoditas yang coba untuk ditingkatkan nilainya. Hal ini dikarenakan permintaan dunia akan komoditas kayu manis sangat tinggi dan terus menunjukkan grafik peningkatan. Sayangnya, kesempatan tersebut tak sepenuhnya bisa dimanfaatkan oleh Indonesia karena beberapa hal, yang salah satunya adalah produksi yang tak naik secara signifikan. Untuk tahun ini saja ekspor kayu manis diprediksi justru turun hingga 80 ribu ton dibandingkan pada 2010 yang mampu mencapai angka 88 ribu ton.

Ekspor Kayu Manis
Ekspor Kayu Manis
Peforma ekspor kayu manis Indonesia juga dipengaruhi oleh pertumbuhan ekspor yang tak sepenuhnya berjalan sesuai prediksi. Hal ini bersangkutan langsung dengan permintaan dari luar negeri serta kondisi perekonomian dunia.

Bagaimana untuk meningkatkan produksi dan ekspor komoditas ini agar lebih memiliki kontribusi yang lebih besar di masa depan? Tentunya dengan berbagai perubahan dan pertimbangan, salah satunya adalah dengan memperbaiki sistem yang ada saat ini mulai dari hulu hingga hilir, serta penggunaan peralatan modern yang membantu prosesnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar